Kalender Suku Maya,, 2012 kiamat kah??

Suku Maya mempunyai 22 jenis kalender, namun dari 22 jenis kalender tersebut, 3 yang terkenal yaitu Tzolkin, Haab dan Long Count. Tzolkin terdiri dari satu siklus religius yang terdiri dari 260 hari. Tzolkin terdiri dari 20 minggu yang masing-masing terdiri dari 13 hari (13 hari x 20 minggu = 260 hari). Masing-masing minggu memiliki logonya sendiri seperti zodiak atau shio Cina. Kelender Haab terdiri dari 365 hari, sama seperti kalender yang kita pakai. Haab terdiri dari 18 bulan yang masing-masing terdiri dari 20 hari (20 hari X 18 bulan = 360 hari). Ada sisa lima hari yang sering dianggap sial karena tidak masuk ke bulan manapun. Masing-masing bulan punya logonya sendiri-sendiri. Kalender Tzolkin dan kelender Haab adalah kalender siklus yang berbentuk lingkaran dan akan saling bertemu setelah 52 Haab.

Berbeda dengan Tzolkin dan Haab yang merupakan kalender siklus, Long Count adalah kalender linear yang dimulai dari hari 1, sama seperti kalender Gregorian. Menurut kepercayaan suku Maya, sesuatu yang buruk akan terjadi jika kalender Long Count berakhir. Berbagai pembagian dilakukan para ahli, namun karena suku Maya mendasarkan perhitungan numerik pada siklus 13 dan 20, maka bisa jadi hari terakhir kalender mereka adalah 13.0.0.0.0. Angka 13.0.0.0.0 merepresentasikan 5126 tahun dan Long Count ini berawal pada 0.0.0.0.0 yakni 13 Agustus 3114 SM menurut penanggalan Gregorian.

Siklus besar ini dibagi menjadi 13 tahap, setiap tahap evolusi pun mempunyai catatan yang sangat mendetail. Arguelles dalam bukunya menggunakan banyak sekali diagram-diagram untuk menceritakan kondisi evolusi pada setiap tahap. Kemudian setiap tahap itu dibagi lagi menjadi 20 masa evolusi. Setiap masa itu akan memakan waktu 20 tahun lamanya. Dari masa 20 tahun antara tahun 1992-2012 itu, bumi kita telah memasuki tahap terakhir dari fase Siklus Besar, bangsa Maya menganggap ini adalah periode penting sebelum masa pra-Galatic Synchronization, mereka menamakannya: The Earth Generetion Priod (Periode Regenerasi Bumi). Selama periode ini bumi akan mencapai pemurnian total. Setelah itu, bumi kita akan meninggalkan jangkauan sinar galaksi dan memasuki tahap baru: penyelarasan galaksi.

Karena Kalender Maya menyatat pergerakan matahari, bulan, dan planet-planet yang terlihat, masa panen, serta siklus serangga, dan jangka waktunya berkisar dari 260 hari hingga 5.200 tahun lebih. Sejak peradaban manusia bangkit, kita telah melewati tiga Matahari secara penuh, dan sekarang menyelesaikan Matahari keempat yang akan berakhir pada 21 Desember 2012. Dengan demikian, kalender Maya akan berakhir 5126 tahun kemudian ,yakni 21 Desember 2012. Inilah yang jadi dasar berpikir tentang kiamat di tahun 2012.

  • Pemahaman ilmiah yang dapat diambil

Suku maya telah berhasil dalam pembuatan kalender yang berguna bagi kehidupan mereka, Kalender Maya menggambarkan siklus hukum benda langit dan kaitannya dengan perubahan prilaku manusia. Kalender Maya menyatat pergerakan matahari, bulan, dan planet-planet yang terlihat, masa panen, serta siklus serangga. Mereka membangun sistem matematika dan astronomi yang cukup impresif terkait dengan kepercayaan mereka. Dalam astronomi, mereka secara akurat menghitung tahun Matahari, mengkompilasi tabel posisi bulan dan Venus serta memprediksi Gerhana Matahari. Namun pada dasarnya pemikiran mereka masih bersifat teologis dan metafisis, belum menembangkan kepemikiran empiris. Bangsa Maya, menganggap sains dan agama adalah satu.

  • Tanggapan mengenai kalender Maya

Kaitannya dengan kalender maya yang akan berakhir tanggal 12 desember 2012 dan yang diyakini oleh bangsa maya bahwa pada hari itu merupakan akhir dari kehidupan atau kiamat, menurut pendapat saya itu sah-sah saja bagi mereka untuk meyakininya.Namun bagi saya tidak demikian, saya menganggap hal itu adalah ramalan dari suku maya saja. Kalender itu akan berakhir dan kemudian akan mulai babak baru lagi, seperti dulu ada istilah Sebelum Masehi (SM) dan setelah itu berganti Masehi (M). Mungkin memang benar bahwa sekitar tanggal itu akan terjadi kejadian alam mengingat dari gejala-gejala yang bisa dirasakan pada masa sekarang banyak terjadi bencana alam mulai dari banjir, tanah longsor, gempa bumi, mengalami penipisan dan kerusakan lapisan ozon. pemanasan global yang mengakibatkan es dikutub mencair dan sebagainya. Hal ini bisa merupakan pertanda bagi kelangsungan kehidupan dibumi kelak, karena kiamat hanya Alloh swt yang tahu.

About annauzuma
sangd suka dengan lagu u'R Call-2ndhan serenade^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: